Jumat, 22 Maret 2013

Tuntut kenaikan gaji 5,2%, Serikat Pekerja Lufthansa Mogok

Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa membatalkan hampir 700 penerbangan akibat aksi mogok serikat pekerja. Aksi dimulai sejak pukul 5 kamis pagi kemarin (21/3) sehingga mengganggu penerbangan di sejumlah bandara utama, seperti Munich, Berlin, Hamburg, Dusseldorf, Koln dan Frankfurt. Jadwal penerbangan untuk layanan dari dan ke Heathrow, Birmingham, Aberdeen dan Dublin juga batal akibat aksi tersebut.


Penumpang terlantar di bandara (foto: ibtimes)
Aksi tersebut sebagai protes atas kebijakan perusahaan yang mewajibkan pekerja menambah 1 jam kerja dalam seminggu dalam rangka efisiensi menghadapi persaingan yang semakin ketat serta menghadapi penerbagnan murah dari kompetitor maskapai penerbangan lain khususnya untuk jalur Timur Tengah. Dalam aksi tersebut, Serikat Pekerja Lufthansa, Verdi juga menuntut perusahaan menaikan gaji 33 ribu anggotanya sebesar 5,2 persen.

"Tahun lalu saya terbang ke Jerman dan terjebak aksi pemogokan. Eh, tahun ini ada pemogokan juga," kata salah seorang penumpang Markus Friedrich seperti dikutip situs Telegraph.

Aksi mogok tahun lalu, serikat pekerja berhasil memaksa manajemen maskapai penerbangan tersebut menaikan gaji pekerja hingga 4%.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar