Sabtu, 23 Maret 2013

Selingkuh: Antara Kecewa dan Memaafkan


Para ahli menyebutkan selingkuh merupakan ancaman terbesar pernikahan. Sebuah penelitian menunjukan banyak orang melakukannya, dan hanya sedikit yang tidak melakukan. Tapi tahukah anda bahwa tidak sedikit perempuan yang merasa bangga berselingkuh. Jadi, sebenarnya laki-laki dan perempuan sama saja untuk urusan selingkuh. Tidak peduli mereka cantik, cerdas, kaya, lucu, sukses atau tidak percaya pada pasangan.


Yang jelas, selingkuh memang tidak mengenal faktor jenis kelamin. Selingkuh membuat rusaknya hubungan pasangan kekasih atau suami isteri dan meninggalkan rasa sakit hati. Juga perasaan malu, benci, marah dan banyak lagi. Akibat perselingkuhan, hubungan bisa bubar. Tapi ada juga yang berprinsip, yang lalu biarlah berlalu dan mereka bersatu kembali membangun hubungan.

foto: 123rf.com
Toh, apapun dampak dari perselingkuhan, tetap saja itu sebuah peristiwa yang pernah terjadi. Kita tidak bisa lari dari kenyataan tersebut. Yang harus kita lakukan melakukan introspeksi diri. Bahwa itu salah. Enough.

Sebuah diskusi singkat mengenai mengapa dan bagaimana perselingkuhan bisa terjadi baru-baru ini dipublikasikan Aquarius Dubai melalui Gulfnews. Diskusi itu menghadirkan pakar  psikoterapi Aamnah Husein, Maria Chatila dan Evelyn Heffermehl. Berikut ini beberapa kutipan dari diskusi tersebut.

Peserta
Orang-orang rentan melakukan perselingkuhan karena alasan jauh dari teman, keluarga dan kelompok-kelompok sosial yang dekat.

Aamnah menjawab, "Perselingkuhan memang terjadi di mana-mana. Tapi fenomena sekarang ini, banyak orang yang memang teralienasika ndari hubungan sosial mereka sehingga mereka merasa sendiri. Nah di tempat-tempat pekerjaan bertemu dengan seseorang yang cocok, lalu ngobrol, curhat dan akhirnya terjadi perselingkuhan.

Apakah perselingkuhan lebih banyak dilakukan laki-laki atau perempuan?

Peserta
Sepertinya memang kaum lelaki yang lebih banyak membohongi wanita. Kira-kira faktor apa yang membuat hal itu terjadi?

Pakar
Menurut Maria, "Sebenarnya, keduanya ya sama-sama selingkuh. Meskipun laki-laki memang juga paling berpotensi memulai perselingkuhan itu, tapi kan karena wanita juga membuka diri untuk itu. Jadi siapa menjebak dan siapa terjebak tidak jelas lagi. Apalagi selain di kantor, sekarang ini banyak media sosial yang membuka ruang bagi setiap orang untuk juga berselingkuh. Hingga akhirnya timbul penyesalan.

Menyesal berselingkuh? Lalu apa yang harus dilakukan?

Peserta
foto: divinecaroline.com
Saya punya pengalaman buruk, tunangan saya ketahuan berselingkuh beberapa bulan sebelum menikah. Sejak saat itu saya berpikir semua laki-laki –kecuali ayah dan saudara saya—itu memang tukang selingkuh. Ya akhirnya waktu saya dapat pasangan lagi, saya pun melakukan hal yang sama. Berselingkuh.

Pakar
Maria bilang, "Anda ini aneh. Dendam terhadap masa lalu dan terus berhubungan dengan hantu masalah. Padahal, hubungan anda sendiri sudah berakhir. Seharusnya, anda memaafkan dan sudah selesai sampai di situ. Tapi ini tidak berarti bahwa itu harus dilupakan. Jadi sebenarnya persoalan ini sejauh mana anda sendiri mampu menyembuhkan rasa sakit hati tersebut. Caranya ya beristirahat dan meyakinkan diri bahwa hal-hal menyakitkan seperti itu sudah berlalu dan tidak akan terulang lagi.

Apakah mungkin bisa sembuh dari ’luka’ perselingkuhan?

Peserta
Saya lebih mengakhiri hubungan untuk menyembuhkan luka itu. Bagi saya itu sudah cukup. Ini bukan persoalan saya lemah. Tapi ini juga merupakan upaya mempertahankan cinta denga cara yang lain.

Pakar
Menurut Evelyn, "Mengakhir hubungan dengan pasangan sebenarnya sebuah upaya lain membangun hubungan lebih dekat dengan pasangan dalam bentuk yang berbeda.

Aamnah mengatakan, "Menyembuhkan diri dari rasa sakit hati akibat perselingkuhan itu tidak mudah. Ibaranya seperti menembus dinding tembok yang tebal. Meski demikian, pasti bisa sembuh dan membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan pasangan. Tapi ya itu tadi, kuncinya saling memaafkan. saling berbagi kasih sayang dan berempati. Jika ini bisa dilakukan, saya kira ini luar biasa.

Maria berpendapat, "Coba tanyakan pada diri sendiri,  'Apa sih yang dibutuhkan hubungan kita? Apa hubungan seperti sebelum perselingkuhan? Hubungan yang mengantarkan ke perselingkuhan? Apa hubungan sekarang? Apa butuhkan sekarang?"

Aamnah mengatakan, "Juga, apa yang Anda butuhkan sekarang untuk diri sendiri? Apa yang Anda butuhkan untuk melihat, melakukan, dan merasa dalam rangka untuk memulihkan?"
Apakah sebuah kesalahan saya?

Peserta
Ketika suami saya berselingkuh, saya berpikir banyak perempuan juga yang melakukan hal yang sama. Hingga saya pun berselingkuh dengan laki-laki lain. Apakah ini sebuah kesalahan?

Pakar
Maria mengatakan, "Kadang-kadang kita berpikir melakukan sesuatu yang benar untuk diri kita sendiri, tapi sebenarnya kita hanya mengulangi peristiwa yang sama. Jadi sebenarnya salah satu cara agar kita bisa sembuh dari rasa sakit itu bukan dengan membalasnya berselingkuh, tapi kembalikan ke diri kita sendiri. Kita letakkan di mana harga diri kita jika kita melakukan hal sama yang jelas-jelas itu salah.

Peserta
Ya teorinya memang seperti itu. Tapi bagaimana kita bisa melakukannya di saat hati kita juga kecewa?

Pakar
Evelyn menjawab, "Persoalan luka hati itu satu hal. Dan menjadi korban itu hal lain. Jadi kata kuncinya tetap untuk memahami secara jernih masalah yang muncul, lalu cobalah merenung sampai pada kesimpulan berpisah atau tetap melanjutkan hubungan.
Bagaimana memaafkan perselingkuhan?

Peserta
Ada banyak alasan untuk tetap membangun hubungan. Apalagi jika suami merupakan menunjukan diri sebagai sosok yang baik. Tapi apakah hubungan ini akan terus berlanjut? Ini persoalan hati untuk memaafkan tadi.

Pakar
Maria berpendapat, "Jika Anda telah membuat keputusan untuk terus melanjutkan hubungan itu, langkah yang baik adalah dengan bernostalgia bersama-sama. Ini adalah cara yang baik untuk menyembuhkan dan itu adalah cara yang sangat sukses untuk memulai memaafkannya. Memahami bahwa ia memiliki kebutuhan untuk saling mengisi. Bicaralah padanya untuk mencoba memahami apa yang sedang terjadi pada saat itu
Waspadai hal-hal berikut ini

1. Percayalah denga insting Anda. Jika Anda merasa suami atau pasangan berselingkuh, kemungkinan besar dia memang melakukannya.

2. Berselingkuh biasanya merupakan gejala dari sesuatu yang lain yang salah dalam hubungan. Jika pasangan Anda telah berselingkuh, jangan menempatkan diri menjadi korban, tapi cobalah cari tahu hal apa yang menyebabkan pasangan anda berselingkuh.

3. Banyak orang yang melakukan konseling setelah terjadi perselingkuhan. Padahal yang benar membangun komunikasi secara baik dengan pasangan sebelum perselingkuhan itu benar-benar terjadi.

Studi Kasus 1
Saya tidak ingin meninggalkan suami saya meskipun dia telah mengkhianati saya. Saya mencintainya dan saya tahu dia juga mencintai saya. Tapi saya tidak bisa melupakan sepenuhnya perselingkuhan itu. Akibatnya saya kadang bersikap kasar sama suami. Padahal saya ingin berbuat baik seperti dulu.

Saran Pakar
Masa lalu masih terus ada dalam hubungan Anda dan kehadirannya yang berat ke bawah. Sikap anda yang keras itu sungguh tidak biasa dalam hubungan, dan itu sangat berbahaya karena bisa menghancurkan pernikahan. Saya sarankan Anda dan suami Anda duduk bersama untuk sama-sama mengakui bahwa pernah terjadi rasa sakit  hati dan kekecewaan. Setelah itu berpikir positif untuk kembali membina hubungan yang lebih baik.

Kasus 2
Saya berselingkuh, saya merasa sebagai pembohong. Saya pacari pria yang sudah menikah. Saya benci dengan semua ini. Tapi saya juga ingin membangun hubungan yang baik, saling percaya denan pasangan.

Saran Pakar
Aamnah berpendapat, "yang harus anda lakukan adalah percaya bahwa cinta itu ada. Kepercayaan itu ada. Lalu memaafkan diri sendiri untuk tidak melakukan hal yang sama. Kalau anda meraya yakin dengan cinta dan kepercayaan itu, saya yakin masa lalu akan terkubur dan tidak terulang lagi”

8 komentar:

  1. Betul banget. Sejalan sama artikel ini nih: Kenapa Orang Bisa Selingkuh? http://kelascinta.com/romansa/kenapa-orang-bisa-selingkuh

    BalasHapus
  2. Apa anda selama ini benci pada pasangan anda(suami atau Istri)yg merongrong anda atau selingkuh ? Anda bosan & ingin menceraikannya atau berpikir represif lainnya misalnya nyakiti atau membunuh ?
    STOP ! Anda jangan bertindak apapun dulu ! KITA TIDAK PERLU berbuat boros & kejam.Tapi bila anda percayai Paranormal Jitu & Profesional bergegaslah berKonsultasi secara Gratis pada Kami utk dapatkan Solusi terbaik !
    Silakan anda konsultasikan dulu detail problem anda ke Saya selaku Asisten Paranormal Jitu & Profesional ke Pram 081546763428

    BalasHapus
  3. Terkena masalah kehidupan seperti: masalah asmara, mslh pekerjaan, mslh rumah tangga, pagar ghoib, pengobatan, menetralisir energi negatif dll.Telpon langsung : 0815 6766 2466.

    BalasHapus
  4. Hallo Teman-teman di seluruh Indonesia!!
    Khususnya untuk para pecinta judi online di seluruh Indonesia, AGEN DOMINO Terpercaya di Indonesia VIPQIUQIU99.COM Merupakan Situs dengan Server Terbaik serta Permainan yang Fair dan Nyata, 200% (NO ROBOT).Proses Transaksi Deposit & Withdraw Tercepat dengan Tingkat Keamanan Terpercaya.

    VipQiuQiu99.com juga Menyediakan 6 Games yang dapat Dimainkan hanya Menggunakan Satu ID :
    - Play Domino99
    - Play AduQ
    - Play BandarQ
    - Play Poker
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Sakong
    Untuk Deposit & Withdraw hanya Rp,20.000
    Member juga bisa mendapatkan Bonus yang sudah kami sediakan yaitu :
    - Bonus Refferal 10%+10% Setiap Jum'at
    - Bonus Turnover 0,3% Setiap Senin
    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Atau Jelasnya Silahkan Hubungi Kami Melalui :
    - Live Chat
    - No.Hp (+85570931456)
    - Bbm (2B48B175)
    - Fecebook (VIPQIUQIU99)
    Buruan Bergabung dengan Kami di VIPQIUQIU99.COM dan Daftarkan Diri Anda di Link Kami : https://goo.gl/pAGgYe
    Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami Sediakan Untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    BalasHapus
  5. Selingkuh. Pasti bikin sakit hati.

    Ingin tau sepak terjang pasangan di luaran?

    Bisa cek pasangan anda melalui kami.

    BalasHapus
  6. Kisah Nyata ....
    Assalamualaikum.Wr.wb.Salam Sejahtra Buat Yang Berada Di Perantauan,Saya Ingin Berbagi Rejeki Untuk Anda Yang Mempunyai Masalah Ekonomi.Dan Yang Selalu Kala Dalam Permainan Angka Togel.Dimana Anda Dapat Menemukan Berbagai Macam Solusi Yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Ke Ekonomian Anda Serta Membuat Hidup Anda Akan Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.Contoh Nya Saya Sendiri Orang Yang Dulunya Sangat Di Lilit Hutang. Semua Hutang2 Saya Mencapai 90jutaan.Saya Sangat Bingung Serasa Tak Berdaya Memikirkan Hutang Sebanyak Itu. Rasanya Sangat Tersiksa.Dengan Keadaan Di Kejar2 Hutang, Dan Secara Tidak Sengaja Saya Buka Buka Internet Dan Saya Menemukan.Komentar Dari Seorang TKI.Yang Dulunya Mempunyai Masalah Yang Sama Sprti Saya, Tapi Hidup Nya Suda Sukses Dan Kaya Raya, Dia Di Bantu Oleh Sala Satu Paranormal Yaitu KI,RIMBA.Dan Saya Sungguh Penasaran.Dan Tertarik Ingin Mencoba Meminta Bantuan Dari KI,RIMBA Tapi Saya Sempat Berpikir Bahwa,ini Penipuan..Tapi Saya Suda Sangat Bingung Entah Dengan Cara Apa Yang Harus Saya Lakukan.Agar Hutang2 Saya Bisa Saya Lunasi .Dengan Ke Adaan Saya Di Kejar2 Hutang Membuat Saya Nekat Dan Memberanikan Diri Untuk.Menghubungi KI,RIMBA Dan Meminta Petunjuk, Akhir Nya Beliau Telah Membantu Saya Melalui. ANGKA TOGEL JITU Hasil Ritual Nya.Dengan Senang Hati Beliau Ingin Membantu Saya. Asalkan Saya Bisa Mengikuti Semua Arahan Yang Di Berikan Oleh Beliau Untuk Masuk Member, Akhirnya Saya Mengikuti Semua Arahan Dari Beliau, Alhamdulillah Saya di Terimah Jadi Member. Dan Saya Di Berikan Angka Gaib Hasil Ritual Nya, 4D Singapore. Tiga Kali Putaran Tembus 100%.Saya Memenangkan.174jta.Alhamdulillah Saya Telah Berhasil.Memenangkan Angka Togel Pemberian Dari KI,RIMBA. aLhamdulillah Ya allah,Saya Suda Bisa Melunasi Hutang2 Saya. Kini Saya.Sangat Bersyukur Kepada A.s.w.t.Atas Riski Yang Di Berikan Kepada Saya..Terutama Ki,RIMBA Yang Telah Membantu Saya.Netah Bagaimana Saya Bisa Membalas Kebaikan Beliau.Saya Sangat Bersukur Atas Semua Yang Saya Dapatkan.Dari Beliau.Berkat Bantuan Angka Ritual Dari KI,RIMBA.Akhirnya Saya Bisa Melunasi Semua Hutang2 Saya.Dan Berbagi Kpda Anak Yatim. Ini Benar Benar Kisah Nyata Dari Saya, Di Setiap Manusia Pasti Memiliki Rasa Takut.Bimbang.Dan Ragu.Jika Itu Semua Bisa Anda Hilangkan.Insa Allah, Anda lah Orang Yang Nanti Nya Akan Sukses..Untuk Semua Teman2 Di Mana Pun Anda Berada Yang Mengalami Masalah Perekonomian Dan Yang Ingin Mendapatkan Angka Gaib HasiL RituaL/Jitu’2D_3D_4D_6D Di Jamin 100% TEMBUS.Silahkan Anda hubungi AKI,RIMBA di Nomro_0_8_2_3_1_7_7_4_7_2_3_4_Hanya Melayani Orang Yang Betul2 Percaya Adanya Dunia Lain.inilah Kesempatan Anda Untuk Merubah Nasib Anda.Ingat.Kesempatan Tidak Datang Untuk Kedua Kalinya.Baca Selengkap Nya KLIK https://ramalanangkajituakirimba.blogspot.co.id Salam Sukses Dan Salam Kompak Selalu ★

    BalasHapus
  7. Sini situ oke mari Bergabung Bersama SINIDOMINO
    SINIDOMINO Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    Sini situ oke mari Bergabung Bersama SINIDOMINO
    SINIDOMINO Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 7 Permainan
    Agen Judi Poker , Domino , Capsa , Adu Q dan bandar q bandar poker, Sakong
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.5%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 20rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player VS Player (NO ROBOT)
    Untuk pendaftaran silahkan klik link yang ada dibawah ini
    http://www.sinidomino.com
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi CS SINIDOMINO
    BBM : D61E3506
    LINE : +6285598249684
    WHATSAPP : +6285598249684
    Skype : SiniDomino
    24 Jam Online
    judi poker online terbesar

    BalasHapus
  8. Toh, apapun dampak dari perselingkuhan, tetap saja itu sebuah peristiwa yang pernah terjadi. Kita tidak bisa lari dari kenyataan tersebut. Yang harus kita lakukan melakukan introspeksi diri. Bahwa itu salah.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus