Selasa, 19 Maret 2013

Aiiih, Pria ini Bertekad Mengunjungi Semua Teman Facebook-nya


Berapa jumlah teman facebook anda saat ini? Kebanyakan lebih dari seratus orang, bahkan ada yang melampaui jumlah yang ‘diperkenankan’ facebook sebanyak 5000 orang hingga harus membuat akun yang baru. Nah di London, seorang pengguna bernama Ty Morin facebook yang memiliki teman sebanyak 788 orang akan mengunjungi semua teman FB-nya tersebut.

Untuk mendokumentasikan pertemuannya tersebut, Ty Morin akan memotret para sahabat FB yang berhasil ditemuinya dan membuatnya semacam film dokumenter. Uniknya, dari sebanyak 788 orang temannya di fb, separuh di antaranya belum pernah dia temui atau hanya kenal di fb saja.


foto: vibiznews.com
“Saya melihat sosial media berbasis masyarakat telah melemahkan ikatan antar-individu dan ini terkesan membuat kita melupakan teman-teman lama yang seharusnya sering kita temui,” katanya seperti dikutip situs Gulfnews.

Karena itulah, Morin makin terdorong untuk bisa bertatap muka langsung dengan teman-temannya di fb yang jumlahnya hampir mencapai dari 800 orang tersebut.

Untuk menjalankan rencananya tersebut, Morin menamainya proyek ‘Friend Request: Accepted’ atau “Pertemanan Yang Diterima”  pada halaman pembuka penggalangan dana untuk kegiatan tersebut.

"Ide ini berangkat dari keinginan untuk bisa merekam semua kegiatan yang disukai oleh teman-teman dif b dan saya menjadi saksi dari kegiatan tersebut,” katanya. Misalnya saja permainan api, angkat berat, tari tradisional dan lain-lain. Yang lebih menarik, menurut Morin, dari 788 orang sahabatnya dif b, setengahnya tidak pernah juga berkomentar.

Meskipun demikian, Morin tampaknya tidak akan cepat menyelesaikan rencananya tersebut. Pasalnya, dia sendiri hanya menggunakan kamera analog jenis 8 X10 yang sudah termasuk kuno.

"Proses pengambilan gambar dengan kamera ini tentu panjang dan membosankan," tulis Morin. "Mungkin ini melelahkan kaena untuk masing-masing orang saja saya membutuhkan waktu sekitar satu jam,” tambahnya lagi.

Jadi, berapa lama sebuah proyek yang bertujuan untuk 788 foto itu bisa diselesaikan?

"Saya merencanakan bisa mengambil lima potret baru setiap minggu. Saya perkirakan semua membutuhkan waktu sekitar tiga tahun,” katanya

Untuk menjalankan rencananya tersebut, Morin melakukan penggalangan dana dan sudah terkumpul 5.000 dolar. Sejauh ini sudah ada 212 orang donatur yang berjanji turut menyumbng sehingga jumlahnya mencapai 12.500 dolar AS.

Mungkin karena proyek ini dianggap menarik, kini jumlah teman Ty Morin sudah bertambah dari 788 orang menjadi 1.200 orang. Wow!***.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar