Rabu, 20 Maret 2013

Sering Sakit Kepala? Tak perlu minum obat, Banyakin Main Seks Saja!


Sering mengalami sakit kepala? Ternyata minum obat bukan solusi yang dianjurkan. Para ahli kesehatan justeru memberikan sejumlah tips menarik. Salah satunya, berhubungan seks. Simak tips-tips menarik untuk mengobati sakit kepala berikut ini:


foto: scms.com
Banyakin main seks!
Penelitian yang dilakukan ahli saraf dari Universitas Munster, Jerman menyebutkan seks dapat menyembuhkan sakit kepala, termasuk migren. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa lebih dari setengah penderita sakit kepala yang melakukan hubungan seks bisa sembuh dari sakit kepala yang menyiksa. Hal ini diperkirakan karena seks memicu pelepasan endorfin yang dikenal sebagai zat penghilang rasa sakit alami tubuh sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit kepala.

Jangan cepat-cepat  membeli obat penghilang rasa sakit
Hindari obat penghilang rasa sakit yang mengatakan 'plus' atau 'ekstra'. Angela Chalmers, seorang apoteker perusahaan farmasi mengatakan kebanyakan orang memilih obat karena beranggapan bahwa obat akan bekerja lebih cepat. Padahal, obat tersebut justeru mengandung bahan-bahan tambahan seperti kafein atau kodein yang mungkin tidak cocok untuk orang-orang tertentu.

"Jika ada yang sakit gigi parah atau sakit punggung yang akut dan belum ditangani dokter, saya hanya menyarankan untuk minum Nurofen Plus (ibuprofen dan kodein). Ini pun tidak boleh diminum lebih dari tiga hari," katanya.

Lembaga lainnya, NICE menyarankan agar penderita sakit kepala tidak minum parasetamol, aspirin dan obat non-steroid  anti-inflammatory (ibuprofen) yang diberikan dokter melebihi waktu 15 hari dalam sebulan.

Duduk tegak
Menyender ke kursi merupakan hal terburuk saat sakit kepala nyut-nyutan, kata fisioterapis Sammy Margo.

"Ketika kita menyenderkan tubuh seperti membentuk huruf C urat-urat kita teregang ke atas kepala, yang dapat meregangkan leher serta menjepit saraf ,  itu bisa menyebabkan sakit kepala.

"Jadi, duduklah dengan kaki menapak ke lantai, sementara pinggul dan lutut lurus melihat ke depan," saran dia.

Hindari Sandwich Ham
Ham mengandung tyramine (zat alami dalam makanan yang diawetkan) dan nitrat, yang keduanya meningkatkan aliran darah ke otak, memicu rasa sakit. Tyramine juga ditemukan dalam makanan yang telah diawetkan, acar, merokok, diasinkan atau difermentasi. Keju dan cokelat, dan buah-buahan tertentu seperti nanas dan pisang, juga tinggi tyramine aditif atau makanan
.
Karena itu perbanyak makan camilan kacang-kacangan dan biji-bijian. Ini merupakan sumber mineral magnesium, yang berguna untuk merangsang relaksasi otot. Para peneliti di Pusat Penelitian Sakit Kepala di New York menemukan bahwa 50% dari penderita migrain kekurangan magnesium. Kekuranga magnesium bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak dan gula darah yang rendah sehingga memicu sakit kepala. Sumber lain magnesium termasuk sayuran segar berdaun hijau, jus tomat, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong, kentang, gandum dan ekstrak ragi.

Hindari Penyegar Udara
Parfum, sabun yang berbau tajam, penyegar udara dan pembersih rumah tangga mengandung bahan kimia yang mengaktifkan sel-sel saraf di hidung kita, yang mengirimkan sinyal ke otak. Pada beberapa orang sinyal-sinyal saraf cukup kuat untuk menyebabkan sakit kepala.

Buka jendela dan gunakan bahan yang bebas kimia sebagai gantinya. "Gunakan penyemprot tanaman yang setengahnya di isi air dan sekitar dua tetes minyak esensial dan spritz," saran pakar kesehatan Janey Lee Grace.

Minum kopi
Profesor Anne MacGregor, spesialis penyakit sakit kepala dan kesehatan perempuan,  menyebutkan tidur yang singkat bisa memicu sakit kepala, khususnya bagi para pecandu kopi.  Ini disebabkan kafein secara langsung mempengaruhi pembuluh darah di otak, sehingga menyebabkan sakit kepala, , spesialis dalam sakit kepala dan kesehatan perempuan. Karena itu, bagi para peminum kopi hendaknya bisa mengendalikan kafein dari kopi yang diminum setiap hari.

Monosodium glutamate (MSG)
MSG adalah rasa yang umum digunakan penambah diekstrak dari asam amino yang terjadi secara alami dari gluten gandum, rumput laut dan produk lainnya. MSG digunakan dalam banyak makanan, mulai dari keripik rasa sosis dan saus khususnya masaka Mandarin. Bagi orang yang sensitif terhadap MSG juga dapat memicu sakit kepala karena menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak. Demikian seperti diungkapkan peneliti di University Aarhus, Denmark. Gejala lain dari sindrom ini bisa seperti mati rasa dan kesemutan, sesak di dada serta pusing. Karena itu, jika anda sensitif terhadap MSG, mintalah agar makanan anda tidak menggunakan bahan tersebut.

Ikuti aturan 20/20
Dharmesh Patel, ketua perawatan mata terpercaya, mengatakan: "Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat Anda menderita sakit kepala, sakit mata atau lelah dan pandangan kabur. Untuk mengatasinya, usahakan setiap 20 menit sekali alihkan pandangan sejauh 20 feet selama 20 detik."

Pengikat rambut
Penelitian Pusat Nasional Migraine, London menyebutkan 50 dari 93 perempuan yang rambutnya diikat ekor kuda mengalami sakit kepala. Begitu juga rambut yang dikepang bisa juga menyebabkan sakit kepala karena menyebabkan kulit kepala tertarik.

Banyak minum air putih
"Cukup minum segelas besar air dan menunggu 10 menit atau menggosok pelipis dan leher selama lima menit untuk meredakan ketegangan juga bisa dilakukan untuk mengusir sakit kepala," kata Angela Chalmers. Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, penderita sakit kepala diberi plasebo atau diberitahu untuk minum 1,5 liter tambahan air setiap hari selama 12 minggu. Para pasien yang banyak minum air putih tersebut ternyata tidak mengalami lagi  kepala.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar