Rabu, 16 Januari 2013

Yamaha Xeon RC: Skutik Sporty Dengan Teknologi Terkini

Saya sudah dua kali memiliki sepeda motor Yamaha. Kesan saya, untuk masalah inovasi, ketangguhan dan performa, Yamaha tidak diragukan lagi. Motto “Semakin Tak Tertandingi” memang sangat pantas diungkapkan untuk mengapresiasi produk-produk dari sepeda motor ini.

Sebagai kilas balik, tahun 2009, saya membeli Yamaha Vega R. Si irit bensin ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Begitu pun untuk penampilan, Yamaha Vega R tak ada yang menandingi di kelasnya. Kecepatan larinya juga bagus. Apalagi lari di daerah yang penuh tanjakan dan turunan, oper gigi tetap nyaman. Kondisi mesin tetap stabil.

Tertarik dengan skutik yang tampil elegan, tahun 2011, saya melepas Vega R dan memilih Yamaha Mio. Seperti halnya Vega R, motor Skutik ini juga memiliki banyak keunggulan.. Bukan hanya memanjakan kaki karena tidak perlu oper gigi, tarikan dan kontrol kecepatannya juga enak. Di atas itu semua, perawatannya juga mudah. Apalagi bengkel-bengkel resmi Yamaha juga terdapat di mana-mana dengan pelayanan yang memuaskan.


Yamaha Xeon RC
Kesan tentang Yamaha yang selalu unggul dalam inovasi dan kecanggihan teknologi kembali muncul saat melihat penampilan fisik dari jenis skutik yang diluncurkan Januari lalu: Yamaha Xeon RC. Tampilan desain dan fiturnya benar-benar melebihi ekspektasi skuter matik kelas 125 CC. Tidak mengherankan jika dalam dua bulan terakhir, Yamaha Xeon RC menjadi salah satu primadona untuk penjualan produk Yamaha.


Harga Motor Yamaha Xeon RC (Foto: dok pribadi)
Seperti dituturkan Tiara, seorang sales marketing sebuah dealer Yamaha di Karawang Jawa Barat, saat ini penjualan Yamaha Xeon RC semakin meningkat.. Di wilayah Karawang sendiri, Yamaha Xeon RC dibanderol dengan harga Rp 15.100.000/unit (on the road). Pembelian bisa secara tunai maupun kredit dengan uang muka serta cicilan yang ringan.

“Dengan cicilan hanya Rp 15.000/hari, sudah memiliki motor keren Yamaha Xeon RC,” katanya.

Yang lebih menarik, pesona Yamaha Xeon RC tidak hanya menjadi primadona di pasaran saja, di forum-forum diskusi otomotif media online pun keunggulan Yamaha Xeon RC dibandingkan dengan merek-merek lainnya juga banyak di-review. Lantas, keunggulan apa saja yang membuat Yamaha Xeon RC kian diminati konsumen? Dari pengamatan saya, ada enam keunggulan utama yang dimiliki Yamaha Xeon RC.


Tampilan Yamaha Xeon RC dengan desain warna yang sangat keren
Pertama, desain yang sangat keren. Yamaha Xeon RC didesain dengan begitu elegan. Warna body yang berani dan sporty dengan striping modern membuat Yamaha Xeon RC tampil sebagai motor berkelas dan melebihi ekspektasi konsumen.  Ada lima pilihan warna yang sangat menarik: Victorius Red, Thunder Bolt Blue, Regal Purple, Dazzling Black serta Cosmic White.
 
Kedua, fitur-fitur yang canggih dan disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya. Benar apa yang dikatakan Juara Moto GP 2012, Jorge Lorenzo, Yamaha Xeon RC memberikan dua hal sekaligus: kenyamanan dan performa yang hebat. Menurutnya dengan berbagai fitur canggih serta didukung mesin FI itu, Yamaha Xeon RC tidak hanya menjadi sahabat perjalanan ketika santai dan nyaman, tapi juga ketika butuh performa yang hebat.

Untuk fitur unggulan ini, setidaknya ada 10 fitur yang menjadi ciri khas Yamaha Xeon RC . Kesepuluh ciri khas tersebut adalah bentuk knalpot yang kokoh serta cover titanium (Muscular & Sporty Muffler) dan diaptasi secara langsung dari Yamaha T-Max yang powerful.  Desain cover yang aerodinamis (Aerodynamic Cover Design) dan terinspirasi dari pesawat jet tempur dengan sistem Auto Head – Light On.


Ruang bagasi yang lebih luas (Large Cacacity Luggage) sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang tertentu seperti jas hujan, dompet, charger hp, serta barang-barang milik pribadi lainnya. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah starter yang terintegrasi dengan kunci bagasi (Integrated Key Shutter), tentunya menjadi lebih praktis karena tidak harus pasang cabut kunci untuk buka bagasi.

Tidak kalah kerennya tampilan warna striping yang lebih dinamis dan terkesan sporty (Sporty Stripig & Dynamic Color).  Selain itu, standar yang bekerja secara otomatis (Smart Stand Switch). Sering terjadi pengendara lupa menaikan standar pada posisinya semula sehingga menyebabkan terjatuh dari kendaraan. Dengan standar ini, jika standar belum dikembalikan pada posisi awalnya, mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Tampilan velg berwarna yang dikombinasikan dengan lis velg yang tegas membuat Yamaha Xeon RC juga semakin sporty.  Fitur lainnya rem dengan Smart Lock System. Dengan sistem ini, rem bisa terus bekerja aktif.  Misalnya saja motor berhenti di posisi tanjakan, sistem ini bisa menahan laju motor tanpa  harus menekan handle rem belakang.


Dua fitur unggulan lainnya adalah lampu belakang yang didesain dengan tampilan futuristik, sporty dan lebih terang (After-burner Jet Til Lamp) serta menggunakan mesin DiASil Cylinder & Forger Piston yang juga diadaptasi dari teknologi motor balapsehingga kecepatan Yamaha Xeon RC kian maksimal.


foto: dapurpacu.com
Ketiga, penerapan teknologi mesin injeksi (electronic fuel injection). Sebagaimana diketahui, penerapan teknologi ini membuat bahan bakar menjadi lebih irit. Alhasil, anggapan motor skutik membutuhkan bahan bakar lebih banyak dari motor bebek manual tidak berlaku lagi. Bahkan dengan teknologi mesin injeksi ini, ada yang menyebutkan pemakaian 1 liter premium bisa menempuh 70 km! Tidak hanya itu, karena emisi gas buang juga jauh berkurang maka penggunaan teknologi ini juga menjadi lebih ramah lingkungan. Apalagi mesin Yamaha Xeon RC sendiri dibuat sesuai dengan standar Euro 3 sehingga membantu pengurangan emisi hidrokarbon dan karbon monoksida. Lagi-lagi, Yamaha membuktikan komitmennya membuat produk yang ramah lingkungan.

Keempat, perawatan. Seperti halnya produk Yamaha lainnya, Yamaha Xeon RC juga mudah perawatannya. Apalagi sebagai motor injeksi yang tidak membutuhkan perawatan rumit. Hal ini ditunjang pula dengan banyaknya bengkel-bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukan perawatan yang baik,  dipastikan kondisi motor injeksi ini tetap awet dan mulus.

Kelima, sensasi berkendara. Siapapun yang mengendarai Yamaha Xeon RC akan merasakan sensasi mengendarai skutik yang begitu sempurna. Ini ditunjang dengan spesifikasi Yamaha Xeon RC sendiri yang didesain untuk memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Jok yang terasa lebih empuk serta jarak terendah ke tanah (135 mm) terasa ideal untuk menikmati perjalanan baik santai maupun saat ingin melaju lebih cepat.

Spesifikasi Yamaha Xeon RC (Foto: motorku.info)
Keenam, harga. Untuk tampilan keren dengan banyak pilihan warna yang menarik serta fitur-fitur yang canggih, harga Yamaha Xeon RC sudah OK banget. Apalagi bisa dimiliki dengan cara kredit. Uang muka pun terbilang ringan mulai dari Rp 3 juta serta cicilan Rp 500 ribuan per bulan. Saat ini semua perusahaan pembiayaan (finance) menawarkan berbagai kemudahan untuk memiliki Yamaha Xeon RC.

Yang jelas, bagi  para bikers sejati, Yamaha Xeon RC merupakan skutik dengan berbagai performa unggulan. Yamaha Xeon RC benar-benar merupakan sepeda motor keren, cepat dan canggih yang dirancang menjadi motor skutik sporty dengan teknologi terkini. Keamanan, kenyamanan dan keselamatan pun menjadi tiga kata kunci yang menjadi pertimbangan utama diciptakannya sepeda motor ini.***

Referensi tulisan:
http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/
Pengalaman pribadi

5 komentar:

  1. keren neng,,

    pengen ikutan tapi harus punya motor yah?

    BalasHapus
  2. ealnya sih gitu, tapi review jg gk apa2, kan bisa ke dealer terus test ride gitu, hehe.

    BalasHapus
  3. siip, hayo wujudkan mimpi bersam yamaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, Bang. Mantap ber-Yamaha Xeon RC bersama. :)

      Hapus