Sabtu, 05 Januari 2013

Nah lho, Samsung 'Paksa' Apple Luncurkan iPhone Mini!

Foto: Telegraph.co.uk
Persaingan dua perusahaan produsen smartphone, Apple dan Samsung, tampaknya akan makin seru di tahun 2013. Pertumbuhan penjualan Samsung yang terus meningkat bisa ‘memaksa’ Apple untuk meluncurkan iPhone Mini. Tahun ini, Samsung diperkirakan akan mampu meningkatkan penjualan hingga 35 persen. Riset Strategy Analytics mengungkapkan perusahaan smartphone asal Korea Selatan itu diperkirakan meraih penjualan 290 juta unit tahun ini. Tahun 2012 lalu, Samsung berhasil melakukan penjualan sebanyak 215 juta unit.


Sedangkan Apple diprediksi akan mampu meningkatkan penjualan hingga 33 persen menjadi 180 juta unit.  Dengan demikian, Samsung akan tetap merajai pangsa pasar smartphone hingga 33 persen, sementara Apple menguasai 21 persen penjualan global di tahun 2013 ini. .

Strategy Analytics mengungkapkan, salah satu faktor yang membuat Samsung unggul dalam menguasai pasar smartphone karena perusahaan tersebut membuat beberapa tipe yang berbeda sehingga konsumen memiliki banyak pilihan. Berbeda dengan Apple yang hanya membuat satu versi smartphone.
"Jika Apple tidak meluncurkan iPhone Mini, peluang Samsung untuk menguasai pasar di segmen ini jelas akan lebih besar," ungkap Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, sebagaimana dikutip Telegraph.

Apple sendiri beralasan dengan hanya merilis satu model smartphone baru setiap tahun dimaksudkan untuk menjaga stabilnya penjualan di pasar. IPhone 4 dan 4S, misalnya, hingga saat ini masih tersedia sehingga konsumen bisa membeli dengan harga yang lebih murah dari versi terbaru.

Meski demikian, faktanya Apple pun tidak tinggal diam menghadapi makin ketatnya persaingan di segmen ini. Akhir tahun lalu Apple juga telah merilis tablet iPad dalam versi yang lebih kecil atau iPad mini. Banyak pihak menyebutkan upaya ini merupakan langkah Apple dalam ‘melawan’ Android tablet seperti Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire HD. Tidak hanya itu, pada September lalu, Apple juga merilis iPhone 5 yang kita tahu memiliki ukuran layar yang lebih besar dari versi sebelumnya.

Sejak awal Samsung sendiri memang hadir dengan smartphone berbagai ukuran. Meksi demikian Samsung tetap mengandalkan S3 Galaxy yang memiliki layar lebih besar untuk meningkatkan kepuasan ‘jelajah’para pengguna Android. Sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil, Samsung merilis The Galaxy S3 Mini yang memiliki layar 4 inci dengan prosesor lebih lambat dan resolusi layar yang lebih rendah.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar