Senin, 07 Januari 2013

Setelah Dilarang Beredar 200 tahun, Buku Seks Karya Aristoteles Segera Dilelang. Berminat?

foto: telegraph.co.uk/gettyimages
SEBUAH buku tentang seks dan kehamilan karya Aistoteles yang dilarang beredar selama lebih dari 200 tahun dilelang pertengahan Januari ini. Buku yang pertama kali terbit tahun 1680 M ini berisi tentang seluk-beluk hubungan seks dan kehamilan. Pada pertengahan abad ke-18, buku tersebut sempat dilarang beredar. Larangan ini dicabut tahun 1960.

Buku yang akan dilelang tersebut merupakan edisi cetak tahun 1760-an. Rumah lelang Edinburgh Lyon dan Turnbull membuka harga 400 poundsterling Inggris untuk buku tersebut. Cathy Marsden, seorang spesialis buku lelang menyebutkan buku tersebut memang sangat populer. "Menarik sekali membaca buku yang berisi tentang pemaparan seks dalam perspektif masa tersebut," katanya.


Selain itu, buku tersebut juga diperkirakan telah menjadi panduan bagi para pasangan muda, termasuk peringatan mengenai bahaya hubungan seks di luar nikah. "Jika dibandingkan dengan masa sekarang, masyarakat kita mungkin melihatnya sebagai sesuatu yang aneh. Pokoknya, lebih lucu dari apa pun," jelas Ms Marsden seperti dikutip situs berita Teleghraph.

Marsden mencontohkan sejumlah hal seperti para orang tua waktu itu berkeyakinan anak yang lahir dari hubungan seks di luar nikah memiliki tubuh yang berbulu semua. Anak yang terlahir kembar siam merupakan hukuman dari dosa orang tua.. Buku ini banyak dikaitkan dengan karya Aristoteles. Namun demikian, diperkirakan hanya memuat sedikit tentang gagasan sosok tersebut. Selebihnya, tidak diketahui penulis yang sebenarnya.

Ms Marsden memperkirakan buku tersebut dilarang beredar sekitar pertengahan abad ke-18 hingga tahun 1961. Pasalnya, saat itu terdapat sejumlah buku yang memang tidak dibolehkan dijual dengan alasan aturan hukum yang berlaku saat itu, salah satunya karena gambar-gambar yang dianggap vulgar pada saat itu. Meski demikian, New Zealand sepanjang era Victoria buku ini bisa dijual di tempat-tempat tertentu. Selain itu, buku tersebut juga masih diperjualbelikan secara gelap. Bagaimana anda berminat?***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar